Daftar Kode Belakang Plat Nomor Yogyakarta dan Cara Mengeceknya

Anda sedang membaca artikel tentang Daftar Kode Belakang Plat Nomor Yogyakarta dan Cara Mengeceknya, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Jika membahas tentang kode plat nomor DI Yogyakarta, tentunya akan membahas banyak topik. Kota ini menjadi salah satu kota wisata budaya yang masih melestarikan kehidupan keraton yang patut untuk dikunjungi. Uniknya, kota ini menggunakan perpaduan wisata budaya dengan budaya modern sehingga menarik minat banyak orang.

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta tentunya akan banyak menemukan plat nomor disini karena memang banyak wisatawan yang datang atau warga dari luar kota yang tinggal disini. Namun, sebenarnya kode plat untuk Yogyakarta adalah yang mencantumkan kode di belakang masing-masing daerah. Hal ini seringkali membuat banyak orang bingung, terutama yang baru datang ke Yogyakarta.

Sedang Populer :  Cara Menghapus Aplikasi di Hp OPPO yang Sudah Tidak Digunakan

Kode Plat Nomor DI Yogyakarta

Plat nomor sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor karena bertujuan untuk mengidentifikasi kendaraan bermotor dan juga berarti kendaraan tersebut telah memperoleh izin beroperasi di jalanan. Plat nomor kendaraan juga dilengkapi dengan STNK yang berisi informasi penting kendaraan bermotor.

Plat nomor kendaraan atau nomor polisi memiliki informasi penting kendaraan seperti tahun pembuatan, warna, model, merek, VIN, serta nama dan alamat pemilik kendaraan. Semua data tersebut tercantum dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang menjadi salah satu bukti bahwa kendaraan tersebut memiliki izin operasi dan juga resmi.

Sedang Populer :  Cara Mengontrol Kipas CPU di Windows 11

Daerah Istimewa Yogyakarta terbagi menjadi satu kota dan juga beberapa kabupaten. Semua kabupaten yang berada di DI Yogyakarta memiliki kode plat nomor kendaraan yang diawali dengan AB, namun perbedaannya terletak pada kode di belakang setiap plat nomor yang terletak setelah angka.

Huruf setelah nomor pada plat nomor kendaraan berbeda-beda tergantung pada masing-masing daerah di Yogyakarta. Untuk plat nomor kendaraan bermotor Yogyakarta, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua, yaitu:

Sedang Populer :  Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung untuk Semua Jenis

  • Kota Yogyakarta memiliki plat nomor AB dan kode dibelakang *A/*F/*H/*I/*S
  • Kabupaten Bantul memiliki plat nomor AB dan kode dibelakang *B/*G/*J/*K/*T
  • Kabupaten Gunungkidul memiliki plat nomor AB dan kode dibelakang *D/*M/*W
  • Kabupaten Sleman memiliki plat nomor AB dan kode dibelakang *E/*N/*Q/*U/*Y/*Z
  • Kabupaten Kulon Progo memiliki plat nomor AB dan kode dibelakang *C/*L/*P/*V

Jalan Rawan Razia di Jogja (plat Nomor AB)

Tahukah Anda bahwa ada beberapa titik yang biasa terjadi razia lalu lintas atau sering disebut dengan operasi zebra, jadi tidak salah jika Anda harus siap untuk selalu mematuhi aturan dan memakai perlengkapan berkendara tidak hanya saat razia. Tujuan dilakukannya razia adalah untuk menertibkan pengguna kendaraan dan mengurangi tindakan kriminal.

Sedang Populer :  Aplikasi Coding Di Android

Sebagai informasi saja, di Yogya ada beberapa titik atau jalan yang biasanya rawan razia lalu lintas, antara lain Jalan Raya Prambanan – Piyungan, jalan di dekat tempat parkir Monjali, dan beberapa kawasan lain yang tidak perlu Anda khawatirkan.

Alamat Samsat dan Polres di Jogja

Kawasan berplat nomor AB Jogja ini memiliki kantor Samsat yang berfungsi sebagai tempat layanan penggantian SIM, pembuatan dan perpanjangan SIM. Selain itu ada hal lain seperti bayar pajak kendaraan dan lain-lain, alamatnya sendiri di Jalan Pelajar Angkatan Darat Nomor 13, Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedang Populer :  Cara Mengunduh Aplikasi di Smart TV Coocaa 2022

Sedangkan untuk tempat pembuatan atau perpanjangan SKCK bisa ke Polres yang beralamat di Jalan Reksobaya Nomor 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain langsung ke lokasi, Anda juga bisa melakukan atau membuat SKCK secara online.

Cara Cek Plat Nomor di Yogyakarta

Untuk cek plat nomor DI Yogyakarta, Anda bisa menggunakan aplikasi yang diunduh di Play Store atau App Store. Nama aplikasinya adalah Pajak Kendaraan Yogyakarta. Aplikasi ini tidak khusus untuk pengecekan plat nomor, namun umumnya digunakan untuk pengecekan pajak kendaraan lebih detail sehingga Anda dapat mengetahui taksiran pajak sebelum melakukan pembayaran atau perpanjangan STNK.

Sedang Populer :  Link grup telegram gmmtv sub indonesia terbaru 2022

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat menggunakan situs resmi dari Samsat. Untuk website Samsat DI Yogyakarta yaitu : http://infonjkbdiy.com/. Informasi yang didapat dari website ini adalah nama pemilik, warna, tahun kendaraan, dan informasi lengkap lainnya. Anda hanya perlu mengakses website kemudian memasukkan plat nomor kendaraan pada kolom yang sudah tersedia, maka akan muncul informasi kendaraan.

Namun, jika Anda tidak begitu memahami internet, Anda bisa langsung mengunjungi kantor Samsat di wilayah Anda. Jangan lupa membawa dokumen yang dipersyaratkan yaitu bukti pembayaran kendaraan bermotor (PKB) terbaru, STNK asli dan fotokopi, asli dan fotokopi KTP, BPKB asli dan fotokopi lembar pertama. Plat nomor DI Yogyakarta harus selalu diperpanjang tepat waktu dan juga membayar pajak agar tidak digerebek dan dikenakan denda nantinya.

Sedang Populer :  Cara chat WhatsApp tanpa simpan nomor hp, gampang kok gan!

sumber artikel: www.autobild.co.id

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.