Cara Mengubah Kata Sandi WiFi Melalui Ponsel Android

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengubah Kata Sandi WiFi Melalui Ponsel Android, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Cara Mengganti Password WiFi Melalui Ponsel Android – Tanpa kita sadari, saat ini koneksi internet seakan sudah menjadi kebutuhan pokok. Salah satu sumber daya internet yang banyak digunakan oleh banyak orang adalah Wifi . Nah, tahukah Anda bahwa sekarang Anda dapat mengubah kata sandi WiFi melalui ponsel Android?

Seperti yang kita ketahui, koneksi WiFi biasanya dilengkapi dengan password. Fungsi password agar tidak semua orang bisa mengakses koneksi internet dari WiFi. Semakin banyak orang yang menggunakan internet dengan sumber WiFi yang sama, tentunya kecepatan WiFi akan semakin berkurang.

Sedang Populer :  Cara Memperbaiki Waktu Tidak Muncul Di Layar Kunci iPhone Di iOS 16

Biasanya WiFi sudah memiliki sistem keamanan bawaan. Anda tentu saja dapat memanfaatkan fitur ini. Namun selain itu, agar koneksi WiFi tidak mudah diretas, sebaiknya Anda rutin mengganti password WiFi agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Lihat cara mengubah kata sandi WiFi di Android.

Cara Mengubah Kata Sandi WiFi Melalui Ponsel Android

Dulu, mengganti password WiFi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, komputer atau PC. Seiring dengan perkembangan zaman, munculah smartphone Android. Dengan smartphone Android, kini Anda bisa melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Diantaranya adalah mengganti password WiFi dari ponsel.

Sedang Populer :  Cara Pesan Phd Lewat Aplikasi

Cara mengubah kata sandi WiFi melalui ponsel Android

Nyalakan Internet

Untuk bisa mengganti password WiFi di HP Android pastikan koneksi internet sudah kamu nyalakan dan sambungkan HP Android kamu ke jaringan internet dari WiFi yang ingin kamu ubah passwordnya.

Siapkan Browser Andalan

Setelah terhubung ke jaringan WiFi, sekarang buka browser di ponsel Anda. Di sini Anda harus menggunakan bantuan browser. Anda dapat menggunakan browser favorit Anda. Misalnya menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dll.

Sedang Populer :  Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Buka Alamat Untuk Masuk

Agar kata sandi WiFi diubah, Anda harus masuk ke WiFi. Jika Anda menggunakan jaringan internet dari IndiHome, maka Anda dapat mengakses alamat http://192.168.1.1/login.html. Ketik alamat di bilah alamat browser Anda.

Jika Anda tidak menggunakan IndiHome, misalnya Anda menggunakan TP-Link atau lainnya, Anda dapat melihat informasi alamat login di bagian belakang router WiFi yang Anda gunakan.

Masuk ke WiFi

Setelah Anda membuka alamat untuk login ke WiFi, sekarang adalah langkah di mana Anda hanya perlu login ke WiFi. Biasanya pada halaman login sudah terdapat kotak untuk mengisi username dan password. Jika kata sandi WiFi belum pernah diubah, maka Anda dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi default.

Sedang Populer :  7 Game Ringan Seru untuk PC 2022

Biasanya username dan password default dari jaringan internet adalah username : ADMIN dan password : admin. Silakan coba masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

Jika sudah berhasil login, maka anda akan masuk ke halaman utama. Selanjutnya tinggal pilih menu Manajemen. Biasanya setiap router memiliki tampilan yang berbeda. Anda bisa mencarinya terlebih dahulu. Setelah ditemukan, Anda bisa langsung membuka menu Manajemen.

Tulis Kata Sandi Baru

Tunggu hingga halaman Manajemen terbuka. Di halaman ini, ada formulir di mana Anda dapat memasukkan kata sandi baru. Silakan masukkan kata sandi baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang sulit ditebak.

Sedang Populer :  Aplikasi Stok Opname

Gunakan kombinasi huruf, angka, huruf besar, huruf kecil dan simbol agar password WiFi tidak mudah dibobol orang. Pastikan Anda mengingat kata sandinya. Jika Anda takut lupa, Anda bisa menuliskan kata sandinya.

Terapkan Kata Sandi

Pada formulir di halaman Manajemen, biasanya terdapat tombol Terapkan. Nah, setelah menuliskan kata sandi baru di kotak yang disediakan, sekarang saatnya menekan tombol Terapkan untuk memastikan kata sandi lama telah diubah menjadi kata sandi baru.

Kata Sandi Berhasil Diubah

Sekarang kata sandi jaringan WiFi itu telah berubah menjadi kata sandi baru. Sebagai informasi, semua perangkat yang terhubung dengan koneksi WiFi akan terputus dan harus login ulang agar dapat terhubung kembali.

Sedang Populer :  Cara menyembunyikan kontak di iPhone dan memastikan mereka tidak dapat dilihat atau ditemukan

Ponsel Android yang Anda gunakan untuk mengubah kata sandi WiFi juga akan secara otomatis meminta Anda untuk login kembali. Pastikan Anda menggunakan kata sandi baru untuk login.

Itulah cara mengganti password WiFi melalui HP Android. Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda tidak perlu membuka laptop atau menyalakan PC dan komputer Anda. Cukup dari ponsel Android, password WiFi bisa diubah. Semoga ulasan ini bermanfaat. Semoga beruntung!

sumber artikel: trestleontenth.com

Sedang Populer :  Cara Pinjam dan Dapatkan Pulsa Darurat Smartfren Saat Terpaksa

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.