Cara Mengompresi gambar di Mac pada tahun 2022

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengompresi gambar di Mac pada tahun 2022, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Kita semua sangat suka mengabadikan setiap momen spesial dalam hidup kita, entah itu pergi keluar dan berpesta, perayaan ulang tahun, atau awal dari sebuah acara baru. Kami ingin menutupi semuanya. Namun terkadang, perangkat kami dipenuhi dengan banyak gambar dan tangkapan layar. Gambar adalah satu-satunya hal yang menghabiskan sebagian besar penyimpanan. Tapi tak seorang pun ingin menghapus kenangan digital yang telah Anda buat.

Jadi inilah pertanyaannya: Apakah ada cara untuk menjaga gambar Anda tetap aman dan memberi ruang untuk yang baru? Jawabannya adalah ya, dan solusi untuk masalah ini adalah kompresi gambar.

Jika Anda adalah pengguna Mac, maka blog ini cocok untuk Anda. Kami telah membagikan banyak opsi yang dapat Anda pilih untuk kompres gambar Anda dan Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas file Anda.

Saya harap, posting blog ini akan membantu semua seri Silicon M1 Apple, M1 Pro (MacBook Pro)M1 Max (MacBook Pro & Mac Studio), M1 ultra (Mac Studio), Chip M2 tahun 2022 (MacBook Pro & MacBook Air) Atau komputer Mac chip Intel.

Apa itu kompresi gambar, dan bagaimana cara kerjanya?

Jika Anda pernah melihat dua gambar terkompresi dan tidak terkompresi, Anda hampir tidak akan melihat perbedaan di antara keduanya sekaligus. Mereka mungkin terlihat mirip pada awalnya, tetapi ketika Anda memeriksa ukuran gambarnya, saat itulah Anda akan mengetahui perbedaannya. Kedua gambar, yang asli dan yang dikompresi, akan memiliki ukuran gambar yang berbeda.

Sedang Populer :  5 Aplikasi Pengukuran Tinggi Badan yang Akurat dan Praktis

Kompresi gambar mengurangi ukuran file gambar tanpa kehilangan informasi apa pun. Ia bekerja dengan mengambil bitmap besar dan memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil (disebut blok). Setiap blok berisi data yang dapat digunakan untuk membuat ulang gambar asli tetapi dalam ruang yang lebih kecil. Semakin banyak blok yang Anda miliki, semakin baik rasio kompresi Anda.

Kompresi gambar adalah proses mengurangi ukuran gambar dengan menghilangkan informasi yang tidak perlu. Pada hari-hari awal, orang menggunakannya untuk menyimpan gambar pada disket dan kemudian di kamera digital. Ini mengurangi ukuran file gambar yang diambil dari kamera digital, webcam, dan pemindai. Anda dapat melakukan kompresi gambar baik dengan menggunakan algoritma lossless atau lossy. Algoritme lossless tidak dapat menghapus semua data, tetapi melakukannya dengan degradasi minimal ke kualitas gambar asli, sementara algoritme lossy tidak dapat menyimpan semua data tetapi dengan pengurangan kualitas semaksimal mungkin.

Sedangkan algoritma lossy digunakan untuk mengkompresi suatu citra. Anda dapat menerapkannya ke gambar apa pun, seperti teks, suara, video, dll.

Algoritme lossy mengurangi ukuran data tanpa kehilangan kualitasnya yang tinggi. Algoritma lossy banyak digunakan dalam kompresi audio dan video dan aplikasi multimedia.

Apakah mungkin untuk mengompresi gambar tanpa kehilangan kualitas yang terlihat?

Seperti disebutkan di bagian atas, ada dua cara untuk mengompresi gambar; mereka adalah algoritma lossless dan lossy. Kompresi lossy mengakibatkan hilangnya kualitas asli gambar. Ini mempengaruhi piksel gambar. Semakin kecil file, semakin terlihat perubahannya.

Sedang Populer :  Aplikasi Kasir Portable Untuk Pc

Kompresi lossless membantu mempertahankan informasi dan menemukan cara yang lebih baik untuk menyimpannya, sehingga kualitas gambar tetap terjaga. Jadi hasil pengurangan Anda sangat tergantung pada jenis metode yang Anda gunakan.

Bagaimana cara mengurangi ukuran foto di Mac?

Jika Anda kehabisan ruang di Mac karena stok gambar dengan resolusi lebih tinggi atau ingin melampirkan beberapa file melalui surat, tetapi ukurannya membuat masalah, lalu kurangi ukuran foto.

Dan Anda dapat melakukannya dengan mudah hanya dalam beberapa langkah.

Langkah 1: Pilih gambar yang ingin Anda perkecil ukurannya.

Langkah 2: Klik kanan dan pilih Opsi Cepat, diikuti oleh Opsi Konversi.

Langkah 3: Ini akan membuka jendela baru, di mana Anda dapat memilih format dari JPEG, PNG, dan PNG.

Langkah 4: Selanjutnya, di menu drop-down ukuran gambar, pilih Small, Medium, Large, dan Actual dan tekan Convert to JPEG.

File baru Anda dengan ukuran yang diperkecil akan disimpan di lokasi yang tepat sebagai File asli. Dan hal termanisnya adalah Anda dapat melakukan hal yang sama dengan banyak gambar.

Bagaimana cara mengompresi gambar dengan aplikasi Pratinjau Mac?

Salah satu hal luar biasa tentang Mac adalah memungkinkan mengompresi foto tanpa membeli perangkat lunak pengedit foto lainnya. Aplikasi bawaannya yang disebut Pratinjau dapat melakukan itu.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini:

Langkah 1: Buka folder aplikasi, cari Pratinjau, dan buka.

Langkah 2: Pilih gambar yang ingin Anda kompres. Seret gambar ke Pratinjau yang terletak di bagian bawah dek Anda.

Langkah 3: Kemudian, pada bilah menu, buka Alat dan klik opsi Sesuaikan Ukuran.

Sedang Populer :  Cara Melacak Nomor Ponsel Melalui Internet

Ini akan menampilkan jendela pop-up di mana Anda harus mencari beberapa hal.

Pertama, Anda akan mendapatkan kotak ukuran yang dihasilkan di bagian bawah yang menunjukkan ukuran sebenarnya dari File Anda.

Kemudian, pada dimensi gambar, pilih opsi piksel.

Langkah 4: Di daftar teratas, Anda akan mendapatkan opsi untuk menyesuaikan diri. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih dimensi yang tersedia yang lebih kecil dari dimensi gambar saat ini.

Langkah 5: Setelah memeriksa ukuran gambar dan memilih preferensi Anda, klik “OK.”

Langkah 6: Selanjutnya, buka tampilan, yang tersedia di bilah menu, dan gulir ke bawah ke ukuran sebenarnya. Apa yang dilakukannya adalah menunjukkan kepada kita dimensi sebenarnya dari gambar di layar.

Langkah 7: Setelah selesai, Buka File dan tekan Duplikat karena Anda tidak ingin menimpa File asli.

Langkah 8: Terakhir, buka File, ganti nama File Anda, pilih lokasi untuk menyimpannya, dan klik Simpan.

Jika Anda ingin membedakan antara ukuran gambar asli dan terkompresi, buka folder tempat Anda baru saja menyimpan foto dan periksa detailnya.

Bagaimana cara mengompres gambar dengan alat online? [Useful for Mac & Windows users]

Berkat sekumpulan alat kompresor gambar yang tersedia secara online, Anda tidak selalu harus bergantung pada Mac Preview dan perangkat lunak lain seperti Photoshop. Berikut adalah daftar tiga teratas yang dapat Anda gunakan untuk mengompresi gambar Anda dalam waktu singkat.

#1. Kompresor.io:

Situs web ini berada di bagian atas daftar kompresor gambar online karena Anda memiliki kebebasan untuk memilih antara kompresi lossy dan lossless. Anda dapat menggunakan situs web ini dengan file gambar besar dengan resolusi lebih tinggi. Beberapa fitur termasuk 50 kompresi file gratis hingga 10 MB per hari. Bagian lanjutan lainnya yang membuat situs web ini hebat adalah menyesuaikan rasio kompresi untuk mendapatkan pengurangan ukuran lebih jauh.

Sedang Populer :  Cara Mengembalikan Dana Google Play

Sekarang mari kita lihat langkah-langkah untuk menggunakannya.

Langkah 1: Di browser atau Safari Anda, buka compressor.io.

Langkah 2: Pilih file gambar terkompresi lalu seret dan lepas dari komputer Anda.

Langkah 3: Tunggu beberapa saat dan klik “Unduh” setelah kompresi selesai.

2. TinyJPG 

Jika Anda harus mengompres gambar dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu 5 MB, dan Anda juga memilikinya dalam jumlah besar, maka Anda dapat mencoba situs web ini. Antarmuka pengguna yang menarik memiliki panda di atasnya. TinyJPG berjalan pada algoritma kompresi lossy untuk mengurangi ukuran file gambar. Situs web ini memungkinkan pengguna untuk mengompres 20 JPEG dan PNG sekaligus, yang batas ukurannya harus 5 MB. Tidak ada batasan harian di situs web ini, jadi Anda dapat menambahkan file sebanyak yang Anda inginkan, bahkan dalam versi gratisnya. Versi berbayar memberi Anda fitur menambahkan file hingga 75 MB

Untuk melakukan kompresi di situs web ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka TinyJPG.com dan buka situs webnya.

Langkah 2: Klik “seret file Anda ke sini” dan pilih File yang ingin Anda kompres.

Langkah 3: Izinkan File untuk diunggah. Setelah selesai, itu akan menampilkan berapa banyak File yang dikompres.

Sedang Populer :  Aplikasi Alodokter Penipu

Langkah 4: Anda dapat langsung mengunduhnya dengan mengklik opsi “unduh semua” atau simpan ke Dropbox Anda.

3. Optimizilla

Ketika Anda sudah memiliki dua pilihan yang tersedia untuk melakukan sebagian besar pekerjaan Anda, mengapa memilih yang lain? Nah, jawabannya adalah website ini tidak memiliki batasan harian atau batasan ukuran. Tetapi Anda hanya dapat menambahkan 20 file sekaligus. Optimizilla adalah alat kompresi gambar online cerdas yang bekerja pada algoritme lossy untuk mengurangi ukuran gambar gambar JPEG, GIF, dan PNG tanpa mengurangi kualitas gambar.

Menggunakan situs web ini jauh lebih santai; ikuti langkah ini:

Langkah 1: Buka situs web di browser Anda hanya dengan mengetik Optimizilla.com.

Langkah 2: Klik “Unggah File”, yang akan mengarahkan Anda ke lokasi file Anda. Pilih gambar yang ingin Anda kompres.

Langkah 3: Anda sekarang memiliki dua opsi: unduh semua file Anda jika Anda mengunggah banyak atau cukup klik satu per satu untuk mengunduhnya secara terpisah.

Langkah 4: Pilih opsi Anda dan klik “unduh.”

Apa saja cara gratis untuk mengompresi gambar di Mac?

Mengosongkan ruang untuk menambahkan lebih banyak file atau melampirkannya melalui email, apa pun alasannya, jika Anda ingin mengompres gambar di Mac Anda, berikut adalah beberapa cara mudah dan gratis untuk melakukannya.

  • Ubah format untuk memperkecil ukuran gambar: Sebagian besar tangkapan layar yang diambil di iPhone atau Mac disimpan dalam format PNG jika gambar itu hanya berisi teks. Jika tangkapan layar memiliki grafik, itu akan disimpan dalam format JPEG. Untuk mengurangi ukuran gambar file, Anda dapat mengubah format dari PNG ke JPEG, yang tidak akan mempengaruhi kualitas.
Sedang Populer :  Aplikasi Pinjam Pulsa

Ubah Format Tangkapan Layar Di Mac Anda Menggunakan Terminal:

Terminal adalah program yang dapat digunakan untuk mengakses baris perintah di Mac OS X. Terminal sudah diinstal sebelumnya dengan Mac OS X.

Tekan COMMAND+SPACE di keyboard Anda. Ini akan membuka sorotan di mana Anda dapat dengan mudah mencari Terminal. Klik di atasnya, dan itu akan membuka jendela baru.

Selanjutnya, Anda harus menempelkan satu set baris ke Jendela Terminal dan tekan tombol Jalankan untuk menjalankan perintah dan mengubah file Anda ke dalam format yang berbeda.

Untuk mengubah ke format JPEG: Gunakan baris berikut untuk mengubahnya menjadi format JPEG:

killall SystemUIServer; com.apple.screencapture ketik jpg;

Untuk mengubah ke format GIF: Gunakan baris berikut untuk mengubahnya menjadi format JPEG:

tulis.com. apple.screencapture ketik gif; killall SystemUIServer secara default.

Untuk mengubah ke format PDF: Gunakan baris berikut untuk mengubahnya menjadi format PDF:

killall SystemUIServer; com.apple.screencapture ketik PDF;

Untuk mengubah ke format PNG: Gunakan baris berikut untuk mengubahnya menjadi format PDF:

killall SystemUIServer com.apple.screencapture jenis png

Untuk mengubah ke format TIFF: Gunakan baris berikut untuk mengubahnya menjadi format TIFF:

killall SystemUIServer com.apple.screencapture ketik tiff

Gambar Terkompresi Secara massal menggunakan Aplikasi Pratinjau

Ikuti langkah-langkah sederhana ini, dan Anda dapat mengompres beberapa gambar sekaligus hanya menggunakan Pratinjau Aplikasi Mac default.

Langkah 1: Buka folder yang berisi gambar yang ingin Anda kompres.

Langkah 2: Pilih semua gambar dan tekan klik kanan> Membuka dengan > Pratinjau Aplikasi (Bawaan).

Sedang Populer :  Aplikasi Kendaraan Online

Langkah 3: Jendela pratinjau baru akan terbuka berisi semua gambar yang dipilih, dan itu akan ditampilkan di sisi kiri. Pilih satu gambar dan tekan Perintah+Ayang akan memilih semua file.

Langkah 4: Setelah memilih semuanya, buka Alat pilihan pada Menu Bar dan pilih Sesuaikan Ukuran.

Langkah 5: Ini akan membuka jendela di mana Anda dapat memilih berbagai dimensi ukuran. Pilih salah satunya.

Langkah 6: Terakhir, klik Okedan perubahan akan diterapkan ke semua file Anda.

Kesimpulan:

Dari menggunakan aplikasi default di Mac bernama Pratinjau hingga situs web online yang tersedia, kami telah membagikan setiap cara yang mungkin dapat Anda gunakan untuk mengompresi ukuran gambar Anda dan itu juga dengan mempertahankan kualitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Terus kunjungi situs web kami untuk blog terkait teknologi tersebut. Terima kasih telah membaca.

sumber artikel: www.howtoisolve.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.