Cara Memperbaiki Tablet Samsung Tidak Terhubung ke PC

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Tablet Samsung Tidak Terhubung ke PC, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Artikel ini akan menjelaskan cara memperbaikinya ketika Tablet Samsung tidak terhubung ke PC.

Penyebab Tablet Samsung Tidak Tersambung ke PC

Dalam kebanyakan kasus, tablet Samsung yang tidak terhubung ke PC adalah karena masalah pengaturan izin pada tablet Samsung atau PC. Kedua perangkat harus mengizinkan penggunaan tablet sebagai perangkat penyimpanan di PC. Tablet tidak akan muncul di Windows jika pengaturan ini tidak benar.

Tablet Samsung mungkin juga gagal terhubung ke PC karena masalah dengan kabel atau salah satu port yang terhubung dengan perangkat. Port yang rusak, adaptor yang salah, atau kabel yang terhubung dengan longgar dapat menyebabkan masalah ini.

Sedang Populer :  Aplikasi Live China

Cara Memperbaiki Tablet Samsung Yang Tidak Terhubung ke PC

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghubungkan Tablet Samsung Anda ke PC Anda. Pastikan tablet Samsung Anda terhubung ke PC melalui USB sebelum Anda mulai.

Solusi ini dimaksudkan untuk Windows 11, tetapi sebagian besar berlaku untuk versi Windows lainnya.

  • Restart PC Anda dan Restart tablet Samsung. Memulai ulang perangkat Anda akan menyelesaikan masalah perangkat lunak atau sistem operasi sementara yang mungkin mencegah kedua perangkat berkomunikasi.
  • Bersihkan port USB pada tablet Samsung dan PC Anda. Meskipun lebih sering menjadi masalah untuk ponsel cerdas, debu dan serat juga dapat terkumpul di port USB di komputer tablet atau laptop Anda.

  • Coba putuskan dan sambungkan kembali tablet Samsung dari PC Anda. Secara default, jendela File Explorer yang menampilkan file tablet akan muncul secara otomatis saat Anda menghubungkan tablet jika sebelumnya Anda telah menghubungkan tablet dengan cara ini.
  • Coba port USB lain di PC Anda. Port USB yang rusak jarang terjadi tetapi bisa menjadi sumber masalah Anda. Baca panduan kami untuk memperbaiki port USB yang tidak berfungsi untuk solusi lainnya.
  • Coba kabel USB lain. Sangat ideal untuk menghubungkan tablet Samsung ke PC melalui kabel USB yang mendukung USB 3.0 atau lebih baik.
  • Lepaskan semua dok atau adaptor dan sambungkan langsung ke PC Anda melalui USB. Dock dan adaptor seharusnya tidak mencegah tablet Samsung terhubung ke PC Anda, tetapi itu bisa terjadi.
  • Periksa bahwa pengaturan Android izinkan akses ke file di PC melalui USB. Tablet Samsung akan menanyakan apakah Anda ingin PC dapat mengakses file melalui USB saat pertama kali menghubungkannya, tetapi pengaturan ini mungkin dimatikan dan mungkin Anda melewatkan pemberitahuan awal. Notifikasinya juga bisa ditemukan di Notification History Android.
  • Ubah pengaturan AutoPlay tablet Samsung di Windows. Anda dapat menemukan pengaturan ini dengan Pencarian Windows untuk Putar Otomatis. Ini akan membuka menu dengan daftar perangkat yang terhubung. Temukan tablet Samsung dan ubah pengaturan menu tarik-turun ke Buka folder untuk melihat file (File Explorer).
  • Unduh dan pasang Driver USB Windows Samsung. Driver ini dimaksudkan untuk penggunaan pengembang, tetapi beberapa pemilik tablet Samsung telah melaporkan hasil saat menggunakan driver ini untuk menghubungkan tablet Samsung ke PC.
  • Jalankan Pembaruan Windows. Pembaruan Jendela tidak lebih dari memperbarui sistem operasi Windows. Itu juga dapat mengunduh dan menginstal pembaruan driver yang dapat menyelesaikan masalah Anda.
  • Instal ulang driver USB 3 Windows. Mungkin driver USB di komputer Anda tidak berfungsi dengan benar dan perlu diperbarui. Jika, bahkan setelah pembaruan Windows, itu masih tidak berfungsi, Anda dapat menginstal (atau bahkan menginstal ulang) driver secara manual.

 

Jika Anda mencoba PC lain dan tablet Samsung terhubung, itu membuktikan masalahnya terletak pada PC pertama yang Anda coba, bukan tabletnya. Namun, jika koneksi masih gagal, kemungkinan besar kesalahan ada pada tablet.

FAQ

    • Bagaimana cara menghubungkan tablet Samsung ke PC secara nirkabel?

      USB sejauh ini merupakan metode yang paling umum dan didukung oleh semua tablet Samsung, berapa pun usianya. Namun, banyak tablet memberikan alternatif yang dapat berguna jika USB tidak berfungsi. Anda dapat menggunakan Bluetooth atau aplikasi seperti AirDroid. Anda juga dapat mencoba memindahkan file ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive. Ini secara teknis tidak menghubungkan tablet Samsung ke PC Anda, tetapi jika Anda hanya ingin memindahkan file, dapat memberikan hasil yang serupa.

    • Bagaimana cara menghubungkan tablet Samsung saya ke printer saya?

      Cara termudah untuk menghubungkan tablet dan printer adalah secara nirkabel, melalui Wi-Fi. Jika printer Anda dapat terhubung ke internet rumah, Anda dapat mengirim file langsung ke printer tersebut dari tablet Anda selama berada di jaringan yang sama.

Itu dia informasi tentang cara memperbaiki tablet samsung tidak terhubung ke pc yang mungkin dapat menyelesaikan masalah anda selama ini. Semoga bermanfaat

sumber artikel: www.lifewire.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.