Cara Cek Inframerah Hp Android Semua Merk

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Cek Inframerah Hp Android Semua Merk, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Cara Cek Inframerah Hp Android – Sensor infra merah memang saat ini banyak ditinggalkan oleh pengguna, dalam hal ini pengguna tidak lagi menggunakan infra merah saat mentransfer file atau menghubungkan dengan ponsel lain. Banyak cara untuk mengirim file, Mengirim file melalui bluetooth, whatsapp, atau aplikasi berbagi lainnya.

Namun mereka tidak menyadari bahwa sensor tersebut masih berguna, misalnya ketika handphone bisa menjadi remote TV, AC atau kipas angin maka membutuhkan jaringan infra merah.

Lalu bagaimana cara mengecek infrared di hp android anda?

Berkat fitur engineering mode di ponsel Android, pengguna bisa mengecek sensor hingga spesifikasi lengkapnya.

Sedang Populer :  Bagaimana Menemukan UDID iPhone XR Di Mac dan Windows?

Inframerah bisa dikatakan fitur yang melegenda, tidak hanya pada sistem operasi Android. Bisa ditemukan di berbagai perangkat, mulai dari HP jadul, android, iOS, bahkan Blackberry.

Cek Inframerah di Smartphone Android

Meski keberadaannya sering disepelekan, namun tak dipungkiri keberadaan inframerah merupakan pelengkap yang sangat bermanfaat. Setidaknya jika Android Anda kaya akan fitur, tentu akan lebih baik dari yang minim, bukan?

Cara cek Infrared memang tidak bisa dilakukan langsung pada perangkat melalui aplikasi bawaan, hampir berbagai merk perangkat tidak dilengkapi dengan shortcut langsung untuk mengetahui secara pasti keberadaan infra merah.

Artinya Anda sebagai pengguna memerlukan metode khusus sebagai teknik analisis keberadaan sensor infra merah. Ini hampir berlaku untuk semua merek, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dan sebagainya.

Sedang Populer :  Aplikasi Pembukuan Stok Barang Masuk Dan Keluar

Anda hanya perlu cara khusus, untuk memastikan apakah ponsel android yang Anda miliki saat ini sudah dilengkapi dengan sensor infra merah atau tidak.

Cara Memeriksa Inframerah di Android

Tidak perlu melakukan semua cara untuk mengetahui infra merah di bawah ini, Anda hanya perlu satu metode pengecekan untuk memastikannya

Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara mengetahui apakah ponsel sudah memiliki sensor infra merah atau belum, Anda bisa menggunakan cek infra merah di Android melalui langkah-langkah berikut ini.

Cara Cek Inframerah Oppo, Vivo, Samsung, Infinix dan Merk Lain? Jadi begini pembahasannya.

1. Periksa Inframerah di Android menggunakan Kode Panggil

Kode dial sering disebut sebagai kode rahasia android yang berfungsi untuk mengakses fitur tersembunyi yang secara default tidak menyertakan shortcut aplikasi.

Sedang Populer :  Aplikasi Kasir Android Murah

Salah satunya bisa digunakan saat ingin mengecek sensor infra merah, bisa menggunakan kode rahasia cek infra merah di bawah ini yang bisa dicoba di perangkat merk Oppo, Vivo, Realme, Infinix, Xiaomi, Samsung dan lainnya.

  • Pertama, silahkan buka papan panggilan di ponsel Anda.
  • Kemudian lanjutkan mengetik kode *#0*#.
  • Selanjutnya Anda akan diajak untuk masuk ke mode General Test Menu.
  • Jika Anda menemukan opsi uji R LED, itu berarti ponsel Anda dilengkapi dengan sensor inframerah.

Bagaimana ? Apakah ponsel Android Anda tersedia dengan fitur inframerah, jika demikian, Anda dapat menggunakannya untuk menjadi remote TV, kipas angin dan produk dan peralatan rumah tangga lainnya.

2. Cek Inframerah di Android Secara Fisik.

Selain menggunakan fitur dial, Anda juga dapat memeriksa secara fisik perangkat, termasuk melalui Lampu Inframerah.

Sedang Populer :  Cara Pesan Phd Lewat Aplikasi

Biasanya handphone yang dilengkapi dengan infra merah memiliki notch yang berfungsi sebagai pemancar gelombang dan terdapat lampu kecil berwarna merah. Biasanya terletak di bagian atas atau samping.

3. Cek Inframerah di Android Melalui Aplikasi

Selain menggunakan teknik code dial, ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai opsional ketika ingin mengetahui apakah ponsel Anda memiliki infra merah atau tidak.

Siapa yang tidak kenal dengan Google play store, dimana pengguna bisa menemukan berbagai jenis aplikasi gratis dan bermanfaat salah satunya untuk melihat sensor infra merah ponsel.

  • Kunjungi Google play lalu unduh aplikasi IR Test
  • Tunggu proses download dan install, setelah selesai Buka aplikasi IR Test yang sudah di download
  • Jika Anda menemukan pesan “ANDA MEMILIKI IR BLASTER”, itu berarti ponsel Anda dilengkapi dengan fitur inframerah.
  • Dan di sisi lain, jika Aplikasi Tes IR memiliki pesan notifikasi “ANDA TIDAK PUNYA IR BLASTER”, berarti perangkat Anda tidak memiliki fitur inframerah.
Sedang Populer :  Aplikasi Pengunduh Video Youtube

Instal Tes IR

Fungsi Inframerah di Android

Penggunaan sensor infra merah memiliki banyak keuntungan karena beberapa perangkat elektronik seperti televisi, AC, dan teknologi lainnya masih menggunakan teknologi sensor infra merah.

Salah satu fitur inframerah Android adalah membuat ponsel Anda menjadi remote control. Artinya, Anda dapat menggunakan ponsel untuk mengelola berbagai perangkat elektronik yang masih menggunakan sensor infra merah bawaan.

Jika ponsel Anda memiliki sensor inframerah, Anda dapat dengan mudah mengontrol perangkat elektronik seperti smart TV, TV tabung, dan AC dengan ponsel Anda, bukan dari jarak biasa.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini sensor infra merah dinilai masih dapat membantu berbagai hal. Meskipun aktivitas transfer file jarak jauh telah digantikan oleh banyak aplikasi dan fitur lain, koneksi inframerah tetap penting untuk mengontrol peralatan rumah tangga.

Sedang Populer :  0812, 0858, 0895, 0857, 0813, 0852 Kartu apa? Cek Nomor Kode Telp Indonesia

Cara Membuat Inframerah di Hp

Jika ponsel Anda tidak dilengkapi dengan inframerah setelah memeriksa di atas. Jangan khawatir, karena sensor infra merah bisa Anda pasang secara mandiri pada perangkat keras atau alat tambahan yang bisa Anda beli langsung untuk suku cadangnya di toko ponsel atau toko online.

Tidak hanya untuk Android, beberapa perangkat dengan sensor inframerah eksternal mungkin tersedia untuk pengguna iPhone.

Namun sebelum Anda membeli sensor eksternal di toko, ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu deskripsi sensor infra merah untuk perangkat tersebut.

Sedang Populer :  Aplikasi Belanja Online Terbaik 2021

Penutupan

Itulah beberapa cara cek infrared di hp android yang bisa digunakan di berbagai merk hp seperti samsung, oppo, realme, vivo, infinix, xiaomi dan lain sebagainya. Sebagai informasi tambahan, sejauh ini infra merah langsung aktif, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengaktifkan sensor saat digunakan. Kecuali pada ponsel lama, Anda mungkin perlu mengaktifkannya.

sumber artikel: www.imeandroid.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.